Hidup Sehat Dengan Asam Lambung (GERD) & Mitral Valve Prolapse (MVP)

Asam lambung atau gerd

Akhir Maret 2015 yang lalu saya mengalami sesak nafas, jantung berdetak cepat sekali serta keluar keringat dingin dan badan terasa lemas sekali, singkat cerita saya dilarikan ke IGD rumah sakit terdekat kemudian di rawat inap selama 4 hari 5 malam. Sewaktu masuk IGD detak jantung saya mencapai 145/menit (menurut hasil EKG).

Fyi, seminggu sebelum masuk IGG saya memang merasakan detak jantung saya berdetak lebih cepat, sempat cek di aplikasi heart rate di handphone dan angkanya menunjukkan 94/menit, tapi saya agak meragukan hasilnya karena biasanya ada perbedaan 4-8 detak/menit antara hitung pakai aplikasi dengan hitung manual.

Selama di rumah sakit setelah dicek EKG, rontgen serta echo jantung alhamdulillah semua hasilnya menyatakan jantung dan paru-paru saya normal. Namun anehnya dokter jantung tetap meresepkan saya obat jantung, bahkan ketika saya diperbolehkan pulang pun tetap diresepkan obat untuk jantung.

Minta Second Opinion

Karena tidak puas dengan hasilnya, sehari setelah keluar dari rumah sakit saya mencoba mendapatkan second opinion ke rumah sakit lain. Kali ini saya coba ke dokter penyakit dalam, karena dari beberapa saran teman dan saudara kemungkinan penyakit saya adalah asam lambung yang tinggi atau bahasa inggrisnya GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease).

Saya pun ceritakan keluhan saya ke dokter serta memperlihatkan semua hasil lab. Setelah memeriksa tubuh saya, dokter tersebut mencurigai saya menderita masalah pada pencernaan dan dokter tersebut agak sempat heran kenapa harus periksa Echo padahal hasil EKG & rontgen sudah menunjukkan jantung dalam kondisi normal. Dokter tersebut lalu memberikan saya beberapa macam obat, namun saya hanya ingat 1 jenis obatnya yaitu Inpepsa.

Sejak menderita asam lambung, saya benar-bener mengubah pola hidup dan pola makan saya. Sekarang saya selalu makan tiap 2-3 jam sekali, makan sebelum terasa lapar dan berhenti sebelum terasa kenyang dan tidak lupa menghindari pantangan-pantangan. Selain itu sekarang saya selalu tidur malam lebih awal serta lebih meningkatkan ibadah.

Sekarang kondisi saya alhamdulillah sudah jauh lebih baik dan sudah jarang sekali asam lambungnya kambuh. Saya ingin berbagi tips yang mungkin berguna bagi penderita lain, karena saat dirawat di rumah sakit saya agak susah menemukan informasi seputar asam lambung yang infonya dari dokter atau penderita, kebanyakan didominasi oleh situs-situs jual obat herbal dan situs-situs lain yang dioptimasi untuk SEO.

Pantangan Asam Lambung

Kopi, mie goreng dan telor ceplok

Ada beberapa makanan dan kebiasaan yang harus dihindari jika Anda menderita asam lambung, informasi ini saya dapatkan dari teman dan saudara sesama penderita asam lambung sserta hasil membaca puluhan artikel tentang asam lambung di internet:

  • Rokok serta minuman beralkohol
  • Makanan pedas dan asam
  • Bawang merah, bawang putih
  • Roti dan donat
  • Cokelat
  • Mie instan, bihun
  • Susu full cream
  • Keju
  • Kopi, minuman bersoda dan teh (sebagian orang bilang teh masih tidak apa-apa asal diminum saat perut tidak kosong)
  • Makanan yang digoreng dan berlemak
  • Makanan bersantan
  • Sayur-sayuran seperti kembang kol, kubis brussel, kol, sawi, toge dan brokoli
  • Buah-buahan seperti jeruk dan tomat

Ada beberapa makanan yang saya baru sadar kalau itu tidak boleh di makan, salah satunya adalah roti. Roti dan semua makanan yang menggunakan ragi ternyata harus dihindari. Sewaktu saya belum tahu roti tidak boleh dimakan, di minggu-minggu awal asam lambung, saya sering makan roti tawar minimal 2x sehari sekali. Setelah stop makan roti alhamdulillah rasa pusing kepala yang sering saya rasakan menjadi hilang.

Satu lagi makanan yang ternyata pantangan asam lambung yang baru saya ketahui 2,5 bulan sejak saya terkena asam lambung adalah toge, ya benar…toge. Setelah sempat 3 minggu tidak ada keluhan asam lambung (kecuali rasa cemas yang kadang masih muncul), dalam 1 minggu kemarin asam lambung saya sempat 2x kambuh dan kedua-keduanya terjadi setelah saya memakan toge.

Awalnya saya tidak percaya toge bisa menyebabkan asam lambung kambuh, karena sejak asam lambung saya sempat beberapa kali makan sayur toge dan seingat saya tidak ada masalah (atau saya aja yang tidak menyadarinya). Saya pun sempat menanyakan ke dokter penyakit dalam langganan saya dan beliau pun mengiyakan ketika saya tanya apakah toge salah satu makanan pantangan penderita asam lambung.

Ketika saya menceritakan tentang toge ke sepupu saya yang juga penderita asam lambung, sepupu saya pun sempat tidak percaya tapi kemudian dia bilang “tadi pagi sempat makan bubur sama toge, pas sore badan rasanya ga karuan”

Tips Pola Hidup Sehat Penderita Asam Lambung

Menderita asam lambung mau tidak mau akan memaksa Anda untuk mengubah pola hidup agar menjadi lebih sehat, kalau dilanggar bukan tidak mungkin asam lambung akan kambuh lagi.

1. Hindari stres dan banyak pikiran
Banyak penderita asam lambung (termasuk saya) yang menjadi mudah cemas setelah terkena asam lambung dan mudah panik (panic attack), padahal cemas dapat merangsang asam lambung naik. Jadi sebaiknya hindari cemas.

Kalau hasil pemeriksaan jantung Anda normal insya Allah Anda tidak akan apa-apa, karena gejala asam lambung mirip dengan serangan jantung banyak yang khawatir dirinya terkena penyakit jantung sehingga penderita asam lambung / GERD banyak yang mudah cemas.

2. Olahraga rutin, tidak perlu yang berat-berat asal rutin

Olahraga baik untuk kesehatan dan menurut salah satu artikel yang saya baca ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa berolahraga selama 30 menit minimal 3 kali dalam seminggu dapat membantu mencegah serangan panik.

3. Makan teratur dan sering

Makanlah dalam porsi kecil tiap 2-3 jam sekali dan hindari pantangannya. Jangan makan berlebihan karena perut akan terasa kekenyangan dan membuat perut terasa tidak nyaman.

Minimal 2 jam sebelum tidur malam Anda sudah harus selesai makan, jangan biasakan makan langsung tidur. Jangankan tidur, berbaring pun sebenarnya tidak boleh.

4. Saat BAB, hindari ngeden

Penderita asam lambung akan mengalami masa di mana BAB menjadi keras, tapi jangan sekali-kali Anda berusaha ngeden untuk mengeluarkannya karena bisa berakibat asam lambung langsung naik dan dalam hitungan menit Anda akan merasakan jantung berdetak lebih kencang, mulai terasa sesak nafas dan badan terasa lemas dan pusing (ini berdasarkan pengalaman pribadi saya).

Untuk menghindari BAB keras, banyaklah makanan berserat seperti sayur-sayuran serta rajin makan pepaya. Jika masih tidak berhasil, gunakan obat pencahar seperti Microlax untuk membantu BAB cepat keluar tanpa harus ngeden.

5. Istirahat yang cukup dan tidur minimal 8 jam sehari

Istirahat yang cukup akan membuat badan lebih sehat. Saat sesak nafas & jantung berdebar kencang saya selalu berusaha untuk beristirahat dan bawa tidur, biasanya setelah bangun tidur tubuh akan kembali normal kembali.

6. Mengatasi cemas, sesak dan panic attack

Bagi penderita asam lambung, rasa cemas akan lebih sering muncul yang ujung-ujungnya bisa membuat nafas menjadi sesak. Biasanya saat cemas mulai muncul, saya biasakan untuk minum air putih hangat atau tarik nafas dalam-dalam melalui hidung selama 3-4 detik, kemudian keluarkan secara perlahan-lahan melalui mulut selama 5-7 detik. Alhamdulillah dengan kedua cara ini mampu untuk mengusir rasa cemas yang kadang muncul tiba-tiba.

7. Dekatkan diri dengan Tuhan

Banyak beribadah dan mendekatkan diri ke pada Tuhan insya Allah akan membuat pikiran jauh lebih tenang. Jangan lupa berdoa untuk kesembuhan, karena hanya Tuhan-lah yang dapat memberikan kesembuhan.

Demikian sharing dari saya, jika teman-teman ada yang punya tips seputar mengatasi asam lambung silahkan dishare saja di kolom komentar.

Bagi teman-teman yang masih sehat dan tidak terkena asam lambung, berbahagialah dan ubah pola hidup & pola makan Anda menjadi lebih baik agar tidak terkena asam lambung :).

Update 1 November, 2015

Beberapa bulan lalu saya di endoskopi dan ternyata tidak ada luka di lambung saya tapi ada bakteri Helicobacter Pylori yang memang bisa menyebabkan masalah di lambung. Oleh dokter spesialis gastro saya diresepkan 2 buah antibiotik berbeda masing-masing 500mg diminum 2x sehari, jadi total sehari minum 4 kapsul antibiotik dengan dosis masing-masing 500mg selama kurang lebih 10 hari. Setelah itu sempat diresepkan juga obat sejenis Lanzoprazole selama 1 bulan.

Selain itu saya juga beberapa bulan lalu rutin minum jamu yang biasa beli di mbok jamu yang lewat depan rumah. Jamunya adalah campuran temulawak dan kunyit, lalu saya campur dengan madu 1 sendok makan. Alhamdulillah selama minum jamu ini keluhan jarang kambuh.

Minta Second Opinion ke Dokter Jantung

Setelah endoskopi saya juga konsul ke dokter spesialis jantung yang berbeda untuk minta second opinion karena detak jantung saya detaknya agak di atas normal, detak jantung saya saat istirahat sekitar 102/menit, harusnya maksimal 90/menit. Setelah di EKG, Echocardiogram dan tes Treadmill saya dinyatakan negatif jantung koroner hanya saja tingkat kebugaran saya rendah sekali & dianjurkan untuk rutin olahraga ringan oleh dokter.

Selain itu ternyata salah satu katup jantung saya (katup Mitral) tidak menutup dengan sempurna dan ada kebocoran ringan, bahasa medisnya Mitral Valve Prolapse with Regurgitation. Menurut dokter karena kebocorannya ringan jadi tidak membahayakan jiwa, saya hanya diresepkan Concor 2.5 mg saja oleh dokter untuk menurunkan detak jantung. Sampai saat ini saya tetap minum obat ini 1x sehari setelah sarapan.

Apakah detak jantungnya bisa turun lagi tanpa harus minum obat terus-terusan? Menurut dokter bisa, yang penting harus rutin olaraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda. Berhenti minum obat ini pun ga boleh sembarangan, harus atas ijin dokter dan biasaya diturunkan dosisnya perlahan-lahan untuk liat efeknya ke tubuh kita. JANGAN PERNAH STOP minum obatnya tanpa ijin dokter, obat jenis beta blocker ini ga boleh berhenti diminum secara tiba-tiba.

Lalu, bagaimana jika harus terus-terusan minum obat ini? Ya mau bagaimana lagi, harus diterima dengan lapang dada. Saya pernah bertanya di salah satu group penderita MVP luar negeri tentang berapa lama mereka sudah minum obat jenis beta blocker. Jawabannya mencengangkan saya, ada yang sampai 20 tahun bahkan 35 tahun lho dan alhamdulillah tanpa ada efek samping.

Lama mengkonsumsi beta blocker

Lama mengkonsumsi beta blocker

Menurut dokter kelainan jantung seperti ini adalah bawaan dari lahir atau dulunya pernah terkena demam reumatik dan dari hasil googling 5% dari seluruh populasi manusia di bumi mengalami kelainan seperti ini. Bahkan ada yang sampai lansia pun mereka ga sadar punya kelainan ini karena pada sebagian orang tidak ada gejala-gejala dari MVP yang timbul.

Saya sempat membaca di group FB penderita ini di luar negeri yang bercerita bahwa neneknya didiagnosa MVP pada saat umurnya 80 tahun dan saat ini usianya sudah 82 tahun. Ada pula seorang nenek bernama Bonnie Durante yang bercerita didiagnosa MVP (dan juga sudah bocor ringan) saat umur 30 tahun dan saat ini usianya 60-an tahun kondisinya masih tetap bocor ringan, berarti sudah 30 tahun hidup dengan jantung yang bocor ringan :).

Berikut saya tampilkan video dari Bonnie Durante yang 30 tahun menderita jantung bocor ringan, tonton sampai habis yah. Dijamin bakal nambah semangat & jadi lebih tahu tentang kelainan ini.

Group Penderita Kelainan Jantung Mitral Valve Prolapse

Beberapa minggu yang lalu saya membuat sebuah group di Facebook khusus untuk penderita MVP. Karena saya lihat belum ada group di Facebook yang khusus membahas kelainan ini yang berbahasa Indonesia. Kalau yang mau gabung, silahkan aja segera gabung ke group Mitral Valve Prolapse di Facebook.

Semoga di sana kita bisa saling berbagi pengalaman & sharing segala hal tentang kelainan ini.

Mulai Terapi Akupuntur

Saat ini saya juga sedang rutin terapi akupuntur 2 minggu sekali dengan seorang dokter muda yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah saya di daerah Tangerang.

Sumber foto:
http://sosbud.kompasiana.com/2013/10/28/menyesap-kehangatan-di-kota-1001-warung-kopi--604560.html
 http://www.123rf.com/photo_12672384_businessman-with-stomach-pain-hands-over-abdomen.html
Written by

Seorang ayah dengan dua orang anak yang sangat aktif. Saat ini sedang merintis usaha di bidang web development.

  • tini

    Salam kenal pak…sy juga penderita asam lambung..gejala awal yg bapak rasakan sama dgn yg saya rasakan..mulany bln april 2015.
    Dan sampai skrg as.lambung sy masih suka kambuh..
    kalo boleh tw apa menu makanan yg bpk makan sehari2, snack apa yg biasa bpk makan..dan bumbu masakan apa yg bpk gunakan..krn sy bru tw tnyata bawang tidak boleh dikonsumsi, pdhal setiap hr menu makanan sy menggunakan bawang.
    dan jenis olahraga apa yg bpk lakukan dan brp lama, sy ingin bolahraga tapi sy takut nanti menyebab sesak ..krn klo sesak pasti menimbulkan rasa cemas..trimakasih pak seblmny

    • Halo mba Tini.

      Menu saya biasanya variasi dari makanan-makanan ini:

      – Nasi putih
      – Telur rebus
      – Ikan pakai kuah kuning, mirip seperti ikan gulai tapi ga pakai santan & bumbu yang terlalu banyak
      – Sayur-sayuran (bayam, kangkung, caisin, wortel)
      – Semur tahu / tempe / telur
      – Tahu & tempe bacem
      – Abon sapi yang tidak ada bawangnya (bukan yang dijual di minimarket / supermarket)
      – Tahu yang direbus
      – Kentang
      – Buah-buahan (melon, pisang, pepaya, apel, semangka). Biasanya dimakan 1/2 jam sebelum makan besar atau saat perut kosong.

      Saya biasanya makan pagi jam 6.30, menurut dokter gastro langganan makan pagi ini penting banget supaya tubuh kita kuat untuk menjalankan aktivitas di pagi hari.

      Sayur-sayuran yang saya makan juga dimasak pakai bawang, tapi bawangnya ga pernah saya makan.

      Untuk snack biasanya saya makan malkist roma atau biskuit gandum. Pernah coba oatmeal tapi ga cocok buat saya…karena ga ada rasanya sama sekali. Kadang istri saya suka dibuatkan pisang molen bandung tanpa ragi dan ga digoreng, melainkan dioven.

      Kalau masih ada rasa cemas sebaiknya tiap olahraga selalu ada yang menemani, supaya ada yang ajak ngobrol & hilang rasa cemasnya. Sebaiknya sebelum olahraga sarapan dulu, lalu 1 jam setelah sarapan baru olahraga.

      Olahraga disarankan jalan kaki aja atau naik sepeda kalau kuat selama 20-30 menit, kalau bisa rutin tiap hari atau paling tidak 3x seminggu. Salah satu artikel di situs Men’s Health yang saya baca menyebutkan kalau olahraga rutin bisa mengurangi tingkat kecemasan.

      Kalau mba muslim, biasakan untuk berdoa & berzikir dengan khusyu’ sehabis shalat. Coba cari tempat yang tenang & jauh dari gangguan agar mba bisa berdoa & dzikir dengan khusyu’ sekali. Saya sudah coba dan hasilnya memang pikiran jadi lebih tenang.

      • Norma Jean

        benar pak saya juga sering merasakan cemas mendadak,,deg2an dan lemas,,spt susah bernafas,,tp kalau pas sy pakai puasa sebulan itu ga ada keluhan sm sekali,,,dipakai puasa jadi sehat,,kalau lg kambuh lemas sampai ke tangan2 sampai spt kesemutan,,kalau di tepis2 gitu hilang,,kalau dipakai panik menjadi2…

        • Iya, saya juga ngerasain hal yang sama. Pas di bawa puasa waktu bulan Ramadhan kemarin malah ga ada masalah sama sekali, paling cuma terasa lapar aja tapi asam lambungnya ga ada keluhan sama sekali.

          Paling terasa beratnya cuma di beberapa hari awal puasa aja, mungkin karena tubuh masih menyesuaikan diri denhan puasa.

          • ali noer

            ,kalo dah sembuh apa makanan biasa bisa kita makan ?

          • Sebaiknya selalu dihindari mas, khususnya yang pedas, asam & santan.

      • Elly Suryani

        Terima kasih atas ulasannya ya..sangat membantu sekali.. kalau bole tau sebaiknya pagi itu makanannya apa aja ya? Terima kasih pak..

        • Kalau saya makan nasi sama lauk biasa mba.

      • Olive Oyip Tifa Kukis

        Salam kenal mas yogi… Bolehkah saya tau nama dokter gastro dan prakteknya dmn? Blh tau pengaturan pola makan mas jam brp saja? Saya merasa ada yg nyangkut ditenggorokan dan sulit menelan apakah asam lambung juga? Saya juga alami perasaan cemas, jantung berdebar, perut kembung tp hsl ekg dan rontgen bagus. Terimakasih infonya

        • Saya waktu itu ke dokter gastro di Gastro, Intestinal & Liver Center RS Mayapada, Tangerang. Nama dokternya Johannes Sadikin.

          Cuma di sini agak mahal biaya konsulnya, konsul dokternya aja 700rb belum termasuk obat. Sekali ke sana bisa kena 2-3jt :(, obatnya juga biasanya dikasih untuk 1 bulan.

          Pola makan yang disarankan dokter gastro makan pagi sekitar jam 7-8 pagi & makan pagi porsinya 50% dari total makanan yg kita makan dalam sehari, makan siang 30% dan makan sore jam 5-6 20%.

          Kalau saya karena paginya ga kuat makan banyak akhirnya makan pagi jam 6-7 lalu jam 9-10 makan lagi.

          Mengenai gejala, coba konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam aja supaya lebih pasti diagnosanya.

          • Olive Oyip Tifa Kukis

            Terima kasih banyak mas utk infonya.. Semoga kita sehat selalu ya.. Aamiin 🙂

    • Tia Mart

      Ijin share ya Mas 🙂 makasi banyak

  • tini

    Salam kenal pak…sy juga penderita asam lambung..gejala awal yg bapak rasakan sama dgn yg saya rasakan..mulany bln april 2015.
    Dan sampai skrg as.lambung sy masih suka kambuh..
    kalo boleh tw apa menu makanan yg bpk makan sehari2, snack apa yg biasa bpk makan..dan bumbu masakan apa yg bpk gunakan..krn sy bru tw tnyata bawang tidak boleh dikonsumsi, pdhal setiap hr menu makanan sy menggunakan bawang.
    dan jenis olahraga apa yg bpk lakukan dan brp lama, sy ingin bolahraga tapi sy takut nanti menyebab sesak ..krn klo sesak pasti menimbulkan rasa cemas..trimakasih pak seblmny

    • Halo mba Tini.

      Menu saya biasanya variasi dari makanan-makanan ini:

      – Nasi putih
      – Telur rebus
      – Ikan pakai kuah kuning, mirip seperti ikan gulai tapi ga pakai santan & bumbu yang terlalu banyak
      – Sayur-sayuran (bayam, kangkung, caisin, wortel)
      – Semur tahu / tempe / telur
      – Tahu & tempe bacem
      – Abon sapi yang tidak ada bawangnya (bukan yang dijual di minimarket / supermarket)
      – Tahu yang direbus
      – Kentang
      – Buah-buahan (melon, pisang, pepaya, apel, semangka). Biasanya dimakan 1/2 jam sebelum makan besar atau saat perut kosong.

      Saya biasanya makan pagi jam 6.30, menurut dokter gastro langganan makan pagi ini penting banget supaya tubuh kita kuat untuk menjalankan aktivitas di pagi hari.

      Sayur-sayuran yang saya makan juga dimasak pakai bawang, tapi bawangnya ga pernah saya makan.

      Untuk snack biasanya saya makan malkist roma atau biskuit gandum. Pernah coba oatmeal tapi ga cocok buat saya…karena ga ada rasanya sama sekali. Kadang istri saya suka dibuatkan pisang molen bandung tanpa ragi dan ga digoreng, melainkan dioven.

      Kalau masih ada rasa cemas sebaiknya tiap olahraga selalu ada yang menemani, supaya ada yang ajak ngobrol & hilang rasa cemasnya. Sebaiknya sebelum olahraga sarapan dulu, lalu 1 jam setelah sarapan baru olahraga.

      Olahraga disarankan jalan kaki aja atau naik sepeda kalau kuat selama 20-30 menit, kalau bisa rutin tiap hari atau paling tidak 3x seminggu. Salah satu artikel di situs Men’s Health yang saya baca menyebutkan kalau olahraga rutin bisa mengurangi tingkat kecemasan.

      Kalau mba muslim, biasakan untuk berdoa & berzikir dengan khusyu’ sehabis shalat. Coba cari tempat yang tenang & jauh dari gangguan agar mba bisa berdoa & dzikir dengan khusyu’ sekali. Saya sudah coba dan hasilnya memang pikiran jadi lebih tenang.

      • Norma Jean

        benar pak saya juga sering merasakan cemas mendadak,,deg2an dan lemas,,spt susah bernafas,,tp kalau pas sy pakai puasa sebulan itu ga ada keluhan sm sekali,,,dipakai puasa jadi sehat,,kalau lg kambuh lemas sampai ke tangan2 sampai spt kesemutan,,kalau di tepis2 gitu hilang,,kalau dipakai panik menjadi2…

        • Iya, saya juga ngerasain hal yang sama. Pas di bawa puasa waktu bulan Ramadhan kemarin malah ga ada masalah sama sekali, paling cuma terasa lapar aja tapi asam lambungnya ga ada keluhan sama sekali.

          Paling terasa beratnya cuma di beberapa hari awal puasa aja, mungkin karena tubuh masih menyesuaikan diri dengan puasa.

          • ali noer

            ,kalo dah sembuh apa makanan biasa bisa kita makan ?

          • Sebaiknya selalu dihindari mas, khususnya yang pedas, asam & santan.

          • Indah

            Saya juga mengalami hal yang sama cuman parahnya tiap kali asam lambung naik tensi sy jg ikut naik jadinya makin panik dan bingung atur makanx gimana, makan garam takut ngak makan juga makin lemes.

          • Saya malah baru tau ga boleh makan garam, saya makan garam alhamdulillah ga ada masalah. Tensinya naik karena mungkin mbak pikirin terus penyakitnya,

            Di bawa relaks aja mba pelan-pelan. Kalau lagi panik, tarik napas dalam2 & tahan selama beberapa detik, lalu keluarkan via mulut secara pelan-pelan dan kalau panik datang segera alihkan perhatian ke hal-hal lain yang positif.

      • Elly Suryani

        Terima kasih atas ulasannya ya..sangat membantu sekali.. kalau bole tau sebaiknya pagi itu makanannya apa aja ya? Terima kasih pak..

        • Kalau saya makan nasi sama lauk biasa mba.

      • Olive Oyip Tifa Kukis

        Salam kenal mas yogi… Bolehkah saya tau nama dokter gastro dan prakteknya dmn? Blh tau pengaturan pola makan mas jam brp saja? Saya merasa ada yg nyangkut ditenggorokan dan sulit menelan apakah asam lambung juga? Saya juga alami perasaan cemas, jantung berdebar, perut kembung tp hsl ekg dan rontgen bagus. Terimakasih infonya

        • Saya waktu itu ke dokter gastro di Gastro, Intestinal & Liver Center RS Mayapada, Tangerang. Nama dokternya Johannes Sadikin.

          Cuma di sini agak mahal biaya konsulnya, konsul dokternya aja 700rb belum termasuk obat. Sekali ke sana bisa kena 2-3jt :(, obatnya juga biasanya dikasih untuk 1 bulan.

          Pola makan yang disarankan dokter gastro makan pagi sekitar jam 7-8 pagi & makan pagi porsinya 50% dari total makanan yg kita makan dalam sehari, makan siang 30% dan makan sore jam 5-6 20%.

          Kalau saya karena paginya ga kuat makan banyak akhirnya makan pagi jam 6-7 lalu jam 9-10 makan lagi.

          Mengenai gejala, coba konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam aja supaya lebih pasti diagnosanya.

          • Olive Oyip Tifa Kukis

            Terima kasih banyak mas utk infonya.. Semoga kita sehat selalu ya.. Aamiin 🙂

    • Tia Mart

      Ijin share ya Mas 🙂 makasi banyak

  • Anne Manoppo

    sarapan yang baik bapak misalnya apa yah pak? kalau asam lambungnya sedang kumat, biasanya langsung ke dokter atau langsung beli obat yang pernah diresepkan? atau obat umum? apakah sakit lambumng ini sembuhnya lama? atau bakan terus ada ya? karena saya ngalamin ini sejak pertengahan september, tapi meski sudah ke igd saya tidak di rawat inap, karena di cek, semua normal, akhirnya saya ke dokter penyakit dalam, dan katanya saya kena lambung. Sejak itu makan jadi saya atur. Mohon infonya pak, kalau boleh dimintain ke ibunya resep masakan buat penderita lambung bagaimana? terima kasih banyak atas sharenya pak.

  • Anne Manoppo

    sarapan yang baik bapak misalnya apa yah pak? kalau asam lambungnya sedang kumat, biasanya langsung ke dokter atau langsung beli obat yang pernah diresepkan? atau obat umum? apakah sakit lambumng ini sembuhnya lama? atau bakan terus ada ya? karena saya ngalamin ini sejak pertengahan september, tapi meski sudah ke igd saya tidak di rawat inap, karena di cek, semua normal, akhirnya saya ke dokter penyakit dalam, dan katanya saya kena lambung. Sejak itu makan jadi saya atur. Mohon infonya pak, kalau boleh dimintain ke ibunya resep masakan buat penderita lambung bagaimana? terima kasih banyak atas sharenya pak.

  • Deny Sahidin

    Saya juga penderita penyakit asam lambung yang gejalanya sama dengan mas Andra, sampe sekarang masih suka kambuh2an, kalo lagi dateng serangan panik yang paling menderita, apalagi saya naik motor, suka susah kalo lagi naik motor trus datang serangan paniknya, sekarang baru mau ke dokter spesialis lambung, mudah2an bisa sembuh total, amiiin yaa Allah 🙂

    • Salam kenal mas Deny.

      Insya Allah bisa sembuh kok asal pantangannya dijaga, banyakin zikir aja mas abis shalat biar pikiran lebih tenang.

      Saya dulu malah lebih parah mas, saya jadi ga berani bawa mobil sama sekali. Sekarang setelah 6 bulan alhamdulillah sudah bisa bawa mobil lagi untuk jarak yang ga terlalu jauh.

      • Deny Sahidin

        Assalamu’alaikum mas Andra, salam kenal juga 🙂
        Mudah2an kita sama2 sembuh total dari GERD ini ya mas, amiiin 🙂

        • Wa’alaikum salam mas.
          Amiiin mas, semoga kita semua disembuhkan dari segala penyakit.

  • Deny Sahidin

    Saya juga penderita penyakit asam lambung yang gejalanya sama dengan mas Andra, sampe sekarang masih suka kambuh2an, kalo lagi dateng serangan panik yang paling menderita, apalagi saya naik motor, suka susah kalo lagi naik motor trus datang serangan paniknya, sekarang baru mau ke dokter spesialis lambung, mudah2an bisa sembuh total, amiiin yaa Allah 🙂

    • Salam kenal mas Deny.

      Insya Allah bisa sembuh kok asal pantangannya dijaga, banyakin zikir aja mas abis shalat biar pikiran lebih tenang.

      Saya dulu malah lebih parah mas, saya jadi ga berani bawa mobil sama sekali. Sekarang setelah 6 bulan alhamdulillah sudah bisa bawa mobil lagi untuk jarak yang ga terlalu jauh.

      • Deny Sahidin

        Assalamu’alaikum mas Andra, salam kenal juga 🙂
        Mudah2an kita sama2 sembuh total dari GERD ini ya mas, amiiin 🙂

        • Wa’alaikum salam mas.
          Amiiin mas, semoga kita semua disembuhkan dari segala penyakit.

  • Anne Manoppo

    terimakasih atas jawabannya, sesama penderita lambung senang bisa berbagi disini, saya juga paling susah kalo mulai serangan panik dan badan jadi tak karuan,beberapa hari ini kumat lagi,padahal seingat saya, saya tidak makan pantangan, kalau madu boleh yah? kalau air hangat dikasih gula boleh gak ya?lalu akupunktur itu dengan dokter, khusus untuk terapi lambung? dan jamunya apakah masih dikonsumsi sampai sekarang beli atau buat sendiri? maaf saya banyak nanya yah Pak Yogi, terima kasih sekali lagi

    • Anne Manoppo

      oh ia, saya ada baca jeruk lemon baik untuk mengatasi lambung, sudha pernah dicoba pak? saya belum berani mencoba sih

      • Madu boleh banget mba, beberapa bulan lalu saya malah rutin minum minimal 2 sendok makan tiap hari.

        Air hangat dikasih gula juga boleh kok, harusnya ga ada masalah. Tapi saya biasanya cuma air hangat aja tanpa gula.

        Akupuntur baru 3x dan untuk lambung serta beberapa keluhan lainnya. Jamu masih saya konsumsi, beli sama mbok jamu yang biasa lewat depan rumah.

        Jeruk lemon kabarnya memang baik untuk lambung, bagusnya diminumnya pagi sehabis bangun tidur & perut masih kosong. Tante istri saya yang asam lambung tiap hari selalu rutin minum perasan jeruk lemon + air putih tiap pagi.

  • Anne Manoppo

    terimakasih atas jawabannya, sesama penderita lambung senang bisa berbagi disini, saya juga paling susah kalo mulai serangan panik dan badan jadi tak karuan,beberapa hari ini kumat lagi,padahal seingat saya, saya tidak makan pantangan, kalau madu boleh yah? kalau air hangat dikasih gula boleh gak ya?lalu akupunktur itu dengan dokter, khusus untuk terapi lambung? dan jamunya apakah masih dikonsumsi sampai sekarang beli atau buat sendiri? maaf saya banyak nanya yah Pak Yogi, terima kasih sekali lagi

    • Anne Manoppo

      oh ia, saya ada baca jeruk lemon baik untuk mengatasi lambung, sudha pernah dicoba pak? saya belum berani mencoba sih

      • Madu boleh banget mba, tapi sebaiknya madu murni ya jangan yang sudah dicampur macem2. Beberapa bulan lalu saya malah rutin minum minimal 2 sendok makan tiap hari.

        Air hangat dikasih gula juga boleh kok, harusnya ga ada masalah. Tapi saya biasanya cuma air hangat aja tanpa gula.

        Akupuntur baru 3x dan untuk lambung serta beberapa keluhan lainnya. Jamu masih saya konsumsi, beli sama mbok jamu yang biasa lewat depan rumah.

        Jeruk lemon kabarnya memang baik untuk lambung, bagusnya diminumnya pagi sehabis bangun tidur & perut masih kosong. Tante istri saya yang asam lambung tiap hari selalu rutin minum perasan jeruk lemon + air putih tiap pagi.

  • Deny Sahidin

    Mas Andra, kalo makan biskuit regal gitu ga bagus berarti ya? Soale kan mengandung susu full cream

    • Saya makan regal hampir tiap hari mas :D. Tapi alhamdulillah ga ada keluhan berarti, saya malah kalau minum susu b*ar brand yang rendah lemak kepala jadi pusing.

  • Deny Sahidin

    Mas Andra, kalo makan biskuit regal gitu ga bagus berarti ya? Soale kan mengandung susu full cream

    • Saya makan regal hampir tiap hari mas :D. Tapi alhamdulillah ga ada keluhan berarti, saya malah kalau minum susu b*ar brand yang rendah lemak kepala jadi pusing.

  • Pandji Widya

    Salam kenal mas, saya panji di depok, apa yg mas lakukan saat kambuh, saat lg apa dan durasinya brpa lama,mohon infonya

    • Salam kenal juga mas.

      Kambuhnya bisanya karena makan sesuatu yang dipantang mas atau sering telat makan. Bisanya durasinya 1-3 hari. Biasanya kalau kambuh saya istirahat aja di rumah, karena kalau kambuh badan saya terasa ga enak aja & gampang cemas. Biasanya kalau dibawa tidur lama pas bangun gejalanya berkurang.

  • Pandji Widya

    Salam kenal mas, saya panji di depok, apa yg mas lakukan saat kambuh, saat lg apa dan durasinya brpa lama,mohon infonya

    • Salam kenal juga mas.

      Kambuhnya bisanya karena makan sesuatu yang dipantang mas atau sering telat makan. Bisanya durasinya 1-3 hari. Biasanya kalau kambuh saya istirahat aja di rumah, karena kalau kambuh badan saya terasa ga enak aja & gampang cemas. Biasanya kalau dibawa tidur lama pas bangun gejalanya berkurang.

  • cevi

    mas blh dikatakan gejalanya apa saja? sy sdh endoskopi dan ktnya semua ok. tidak ad bakteri ato luka di pencernaan, kadang klo malam terasa dingin tubuh tp tdk terlalu, dan kadang suka ky yg mau muntah tp tidak, biasanya mlm hari terasa nya yg sering, apakah itu GERd? terima kasih

    • Gejelanya badan terasa ga enak atau terasa aneh di badan, gampang pusing/lemas walau telat makan 1 jam, kadang konstipasii (susah BAB). Gejala yang paling umum itu sering bersendawa & tiap bangun pagi mulut terasa kering & agak asam.

  • cevi

    mas blh dikatakan gejalanya apa saja? sy sdh endoskopi dan ktnya semua ok. tidak ad bakteri ato luka di pencernaan, kadang klo malam terasa dingin tubuh tp tdk terlalu, dan kadang suka ky yg mau muntah tp tidak, biasanya mlm hari terasa nya yg sering, apakah itu GERd? terima kasih

    • Gejelanya badan terasa ga enak atau terasa aneh di badan, gampang pusing/lemas walau telat makan 1 jam, kadang konstipasii (susah BAB). Gejala yang paling umum itu sering bersendawa & tiap bangun pagi mulut terasa kering & agak asam.

  • Anne Manoppo

    maaf saya mau nanya lagi, sebelum di endoskopi di usg dulu ga? oh ia pas awal2 dulu kan tes darah dulu, hasilnya semua normalkah atau ada sesuatu lalu di endoskopi? atau mas Andra ini endoskopi karena keinginan sendiri? saya sudah ngatur makan, tapi memang susah untuk olah raga karena ga ada yg nemanin, dan kebetulan kerja di kantor, jadi pikiran sering stres, jadi sering banget lemas dan berdebar gitu. saya sudah ke dokter pd lainnya ternyata disuruh tes darah saja, dan hasilnya semua baik, jadi tidak dilanjutkan usg atau endoskopi, tapi knp masih begini ya?
    dokter jantung yang bisa menyatakan kondisi kita bugar atau tidak yah mas? terima kasih atas pencerahannya

    • Dulu langsung di endoskopi atas saran dokter. Tes darah saya mayoritas bagus, cuma ada beberapa yang tinggi dan rendah tapi hanya tinggi / rendah sedikit saja dari batas normal.

      Sebelum berangkat kerja biasakan makan pagi dulu mba, kalau bisa makannya 1x sebelum jalan ke kantor, dan 1x lagi sekitar jam 9-10 pagi, kemudian makan siang jam 1/2 1, sore ngemil dan jam 6-7 malam makan terakhir, 3 jam setelahnya baru boleh tidur.

      Kalau ke dokter jantung biasanya di EKG dulu, kalau hasil EKG dirasa kurang cukup atau dokter butuh informasi tambahan biasanya disuruh tes echo (usg jantung( dan tes treadmill. Dokter jantung bisa tau kondisi tubuh kita bugar atau tidak dengan tes treadmill.

  • Anne Manoppo

    maaf saya mau nanya lagi, sebelum di endoskopi di usg dulu ga? oh ia pas awal2 dulu kan tes darah dulu, hasilnya semua normalkah atau ada sesuatu lalu di endoskopi? atau mas Andra ini endoskopi karena keinginan sendiri? saya sudah ngatur makan, tapi memang susah untuk olah raga karena ga ada yg nemanin, dan kebetulan kerja di kantor, jadi pikiran sering stres, jadi sering banget lemas dan berdebar gitu. saya sudah ke dokter pd lainnya ternyata disuruh tes darah saja, dan hasilnya semua baik, jadi tidak dilanjutkan usg atau endoskopi, tapi knp masih begini ya?
    dokter jantung yang bisa menyatakan kondisi kita bugar atau tidak yah mas? terima kasih atas pencerahannya

    • Dulu langsung di endoskopi atas saran dokter. Tes darah saya mayoritas bagus, cuma ada beberapa yang tinggi dan rendah tapi hanya tinggi / rendah sedikit saja dari batas normal.

      Sebelum berangkat kerja biasakan makan pagi dulu mba, kalau bisa makannya 1x sebelum jalan ke kantor, dan 1x lagi sekitar jam 9-10 pagi, kemudian makan siang jam 1/2 1, sore ngemil dan jam 6-7 malam makan terakhir, 3 jam setelahnya baru boleh tidur.

      Kalau ke dokter jantung biasanya di EKG dulu, kalau hasil EKG dirasa kurang cukup atau dokter butuh informasi tambahan biasanya disuruh tes echo (usg jantung( dan tes treadmill. Dokter jantung bisa tau kondisi tubuh kita bugar atau tidak dengan tes treadmill.

  • Ares Devil Army

    Maaf mas mau tanya… Saya mengalami gejala yg sama. Tp yg membuat saya sering kesal beberapa gejala… Pusing, lemas, nafas pendek dan selalu terbangun ditengah malam. Apakah mas juga mengalami gelaja terjaga dari tidur ditengah malam…? Dokter saya belum menganjurkan untuk endoskopi, tp baru usg whole abdomen dan hasilnya memang lambung saya yg bermasalah…

    • Saya pernah 1x mengalami terbangun di tengah malam dan ulu hati terasa sakit, penyebabnya karena saya tertidur 1 jam setelah makan. Seharusnya diberi jeda minimal 2-3 jam setelah makan, baru boleh tidur.

      Saya juga biasanya selalu tidur dengan 2-3 bantal untuk menyandar kepala, untuk mencegah asam lambung naik.

      Pola makan juga harus dijaga, jangan mengkonsumsi makanan yang dipantang.

  • Ares Devil Army

    Maaf mas mau tanya… Saya mengalami gejala yg sama. Tp yg membuat saya sering kesal beberapa gejala… Pusing, lemas, nafas pendek dan selalu terbangun ditengah malam. Apakah mas juga mengalami gelaja terjaga dari tidur ditengah malam…? Dokter saya belum menganjurkan untuk endoskopi, tp baru usg whole abdomen dan hasilnya memang lambung saya yg bermasalah…

    • Saya pernah 1x mengalami terbangun di tengah malam dan ulu hati terasa sakit, penyebabnya karena saya tertidur 1 jam setelah makan. Seharusnya diberi jeda minimal 2-3 jam setelah makan, baru boleh tidur.

      Saya juga biasanya selalu tidur dengan 2-3 bantal untuk menyandar kepala, untuk mencegah asam lambung naik.

      Pola makan juga harus dijaga, jangan mengkonsumsi makanan yang dipantang.

      • Ares Devil Army

        Iya mas sama seperti itu saya juga… Sy tidur sampe numpuk 3 bantal buat nyandar… Sy juga dirujuk ke psikiater karena memang salah satu pemicu asam lambung naik karena panik dan stres… Alhamdulillah kondisi saya sekarang sudah lebih baik… Yg penting selalu berfikiran positif yakin sembuh dan pengobatan teratur n selalu berdoa… Thanks a lot mas atas sharing pengalamannya…. Semoga bermanfaat untuk yg lain juga…. 🙂

  • Indah

    Salam kenal mas, 10 hari yg lalu saya baru keluar dari RS. Dokter menyatakan saya terkena penyakit yg sama dengan mas yakni asam lambung. Ciri” yg mas utarakan dalam artikel diatas sama persis dengan apa yang saya alami. Tiba” dada terasa sesak, jantung berdebar tak beraturan, badan menjadi dingin, dan rasa cemas serta panik. Saya berpikir ini mungkin serangan jantung. Ternyata setelah di observasi secara keseluruhan (cek darah, usg, ekg) Alhamdulillah hasilnya baik. Dr. Menyatakan saya terkena penyakit asam lambung dan maag. Setelah keluar dari RS sampai saat ini, penyakit ini masih sering kumat, terkadang sehari sampai 3x kumatnya yang selalu diikuti dengan serangan cemas dan panik serta jantung berdebar. Saya mau tanya mas, bagaimana cara menghilangkanrasa cemas dan panik yang menyerang saat asam lambung naik? Trus perut ini selalu terasa keram disaat serangan” itu datang, sehingga nafas menjadi sulit, bagaimana mengatasinya ya mas? Terus terang saya benar” cemas dan khawatir 😢. Tolong infonya ya… Terima kasih sudah mau berbagi….

    • Salam kenal mba. Sewaktu cemasnya masih sering muncul saya kalau keluar rumah selalu bawa 1 gelas air hangat + minyak kayu putih. Bahkan kalau shalat Jum’at di masjid pun saya bawa mug yang isinya air hangat :D. Air hangat ini benar2 membantu melancarkan pernapasan dan aroma minyak kayu putih bikin perasaan lebih tenang.

      Selain itu kalau serangan panik muncul tarik napas dalam-dalam dari hidung, tahan selama yang mba bisa kemudian keluarkan pelan-pelan lewat mulut. Lakukan berkali-kali, hal ini akan membuat lebih rileks & membantu menurunkan detak jantung sesaat.

      Jangan lupa rajin beribadah dan banyak berdoa untuk kesembuhan, kemudian perbaiki pola hidup & pola makan. Proses penyembuhannya memang lama, tapi insya Allah bisa sembuh.

  • Indah

    Salam kenal mas, 10 hari yg lalu saya baru keluar dari RS. Dokter menyatakan saya terkena penyakit yg sama dengan mas yakni asam lambung. Ciri” yg mas utarakan dalam artikel diatas sama persis dengan apa yang saya alami. Tiba” dada terasa sesak, jantung berdebar tak beraturan, badan menjadi dingin, dan rasa cemas serta panik. Saya berpikir ini mungkin serangan jantung. Ternyata setelah di observasi secara keseluruhan (cek darah, usg, ekg) Alhamdulillah hasilnya baik. Dr. Menyatakan saya terkena penyakit asam lambung dan maag. Setelah keluar dari RS sampai saat ini, penyakit ini masih sering kumat, terkadang sehari sampai 3x kumatnya yang selalu diikuti dengan serangan cemas dan panik serta jantung berdebar. Saya mau tanya mas, bagaimana cara menghilangkanrasa cemas dan panik yang menyerang saat asam lambung naik? Trus perut ini selalu terasa keram disaat serangan” itu datang, sehingga nafas menjadi sulit, bagaimana mengatasinya ya mas? Terus terang saya benar” cemas dan khawatir 😢. Tolong infonya ya… Terima kasih sudah mau berbagi….

    • Salam kenal mba. Sewaktu cemasnya masih sering muncul saya kalau keluar rumah selalu bawa 1 gelas air hangat + minyak kayu putih. Bahkan kalau shalat Jum’at di masjid pun saya bawa mug yang isinya air hangat :D. Air hangat ini benar2 membantu melancarkan pernapasan dan aroma minyak kayu putih bikin perasaan lebih tenang.

      Selain itu kalau serangan panik muncul tarik napas dalam-dalam dari hidung, tahan selama yang mba bisa kemudian keluarkan pelan-pelan lewat mulut. Lakukan berkali-kali, hal ini akan membuat lebih rileks & membantu menurunkan detak jantung sesaat.

      Jangan lupa rajin beribadah dan banyak berdoa untuk kesembuhan, kemudian perbaiki pola hidup & pola makan. Proses penyembuhannya memang lama, tapi insya Allah bisa sembuh.

  • Archie Soepandi

    Salam kenal dulu Mas.. hasil endoskopi saya menderita asam lambung atau GERD.

    Mau tanya sebetulnya pisang apa yang boleh dimakan, saya dapat info dari yang lain pisang Ambon tidak boleh ? Apakah alpukat juga bisa dimakan ? Apakah kalau Dokter sudah nyatakan sembuh seperti Mas Andra, dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi obat Lanzoprazole terus setiap hari untuk menjaga agar produksi asam lambung tidak naik lagi ? Terimakasih untuk bantuan informasinya

    • Kalau untuk saya pribadi alhamdulillah tidak ada masalah saat makan berbagai macam pisang mulai dari sunpride sampai pisang ambon, tapi saya tidak berani makan pisang dalam jumlah banyak karena kalau kebanyakan BAB jadi keras.

      Beberapa artikel yang saya baca juga untuk pisang tiap orang beda-beda reaksinya, yang cocok di saya belum tentu cocok di orang lain. Ada yang lambungnya jadi makin bagus karena sering makan pisang, ada yang malah bisa tidak cocok.

      Dokter belum menyataan saya sembuh mas, saya sendirinya aja yang mutuskan ga mau berobat lambung ke dokter lagi karena tiap kontrol bulanan selalu dikasih banyak obat untuk 1 bulan, selain itu karena biayanya yg cukup mahal..bayangkan aja sekali berkunjung ke dokternya bisa habis 3jt (konsul dokter 700-800rb, sisanya biaya obat).

      Makanya saya sekarang lebih suka berobat lambungnya dengan dokter yang ahli akupuntur, kebetulan tiap 2 minggu sekali praktek di daerah dekat rumah saya.Hasilnya alhamdulillah cukup bagus, cemas & panick attack jauh berkurang…soalnya dari yang saya baca2 penyebab utama asam lambung itu nomor 1 dari pikiran / stress..setelah itu baru nomor 2 pola makan & pola hidup.

      Saya saat ini cuma minu Lanzoprazole kalau lagi kambuh aja, kalau ga kambuh ga pernah saya minum obatnya.

  • Archie Soepandi

    Salam kenal dulu Mas.. hasil endoskopi saya menderita asam lambung atau GERD.

    Mau tanya sebetulnya pisang apa yang boleh dimakan, saya dapat info dari yang lain pisang Ambon tidak boleh ? Apakah alpukat juga bisa dimakan ? Apakah kalau Dokter sudah nyatakan sembuh seperti Mas Andra, dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi obat Lanzoprazole terus setiap hari untuk menjaga agar produksi asam lambung tidak naik lagi ? Terimakasih untuk bantuan informasinya

    • Kalau untuk saya pribadi alhamdulillah tidak ada masalah saat makan berbagai macam pisang mulai dari sunpride sampai pisang ambon, tapi saya tidak berani makan pisang dalam jumlah banyak karena kalau kebanyakan BAB jadi keras.

      Beberapa artikel yang saya baca juga untuk pisang tiap orang beda-beda reaksinya, yang cocok di saya belum tentu cocok di orang lain. Ada yang lambungnya jadi makin bagus karena sering makan pisang, ada yang malah bisa tidak cocok.

      Dokter belum menyataan saya sembuh mas, saya sendirinya aja yang mutuskan ga mau berobat lambung ke dokter lagi karena tiap kontrol bulanan selalu dikasih banyak obat untuk 1 bulan, selain itu karena biayanya yg cukup mahal..bayangkan aja sekali berkunjung ke dokternya bisa habis 3jt (konsul dokter 700-800rb, sisanya biaya obat).

      Makanya saya sekarang lebih suka berobat lambungnya dengan dokter yang ahli akupuntur, kebetulan tiap 2 minggu sekali praktek di daerah dekat rumah saya.Hasilnya alhamdulillah cukup bagus, cemas & panick attack jauh berkurang…soalnya dari yang saya baca2 penyebab utama asam lambung itu nomor 1 dari pikiran / stress..setelah itu baru nomor 2 pola makan & pola hidup.

      Saya saat ini cuma minu Lanzoprazole kalau lagi kambuh aja, kalau ga kambuh ga pernah saya minum obatnya.

  • desi pramudiwati

    Salam kenal Mas..senang sekali menemukan artikel ini..jadi merasa senasib 😀

  • desi pramudiwati

    Salam kenal Mas..senang sekali menemukan artikel ini..jadi merasa senasib 😀

  • Uphi

    Assalamualaikum mas yogi salam,kenal…saya jg di diagnosa terkena gerd..saya sendiri sudah menjalani endoskopi dan coloneskopi..akhir2 ini gred saya sering kambuh bahkan setelah minum nexium masih terasa nyeri…saya tertarik dengan terapi akupuntur..bisa minta alamat lengkapnya…terimakasih sebelumnya semoga Allah SWT selalu memberikan kita kesehatan..Aamiiin

    • Wa’alaikum salam, salam kenal juga :). Silahkan cek lagi artikel saya diatas yah, sudah saya update dengan alamat praktek serta jadwalnya.

  • Udin

    Salam kenal mas. Saya sudah 2 bulan ini menderita gerd. Alhamdullilah skg asam lambung sudah jarang kambuh,tp serangan panik dan kepala pusing yg selalu saya rasakan setiap hari. Apakah mas jg mengalami seperti yg saya rasakan?
    Btw berat badan saya jg trun 10kg.

    • Saya juga merasakan hal yang sama mas, berat badan saya turun 10kg dalam 3 bulan, tapi memang saya benar2 ubah pola makan saya. Kalau berat badan mas awalnya memang lebih dari normal dan berat badan setelah turun 10kg masih dalam batas normal harusnya ga ada masalah.

      Dulu kepala saya juga sering pusing, ternyata seperti yang saya tulis di artikel di atas penyebabnya karena dulu waktu awal-awal sakit saya sering makan roti, bagi penderita asam lambung semua yang pakai ragi ga boleh dikonsumsi. Setelah stop makan roti, alhamdulillah pusing jauh berkurang.

      Untuk serangan panik, silahkan coba tips di artikel di atas aja mas.

      • Udin

        Berat badan saya awalnya 65kg skg 55kg.
        Semenjak menderita gerd saya betul2 merubah pola makan.
        Hanya serangan panik dan cemas yg membuat saya susah berkatifitas dan tidur.
        Apa susu beruang jg tidak boleh di konsumsi??

        • Tiap orang mungkin reaksinya berbeda karena ada penderita gerd juga yang saya pernah baca blognya dia rutin minum susu tersebut tanpa ada masalah. Kalau di kasus saya malah kepala jadi pusing, terakhir coba minum kira-kira 2 bulan yang lalu dan masih terasa pusing beberapa jam setelah minum.

          Coba perbanyak ibadah & berdoa mas, kemudian coba pelan-pelan keluar rumah entah itu ke rumah saudara, ke warung atau kemana aja, yang penting keluar rumah. Perlahan-lahan insya Allah bisa berkurang cemasnya. Kemudian biasakan selalu isi perut sebelum beraktivitas dan jangan lupa sarapan.

          • Udin

            Kl sakit kepala yg mas alami seperti org yg kurang darah??

          • Iyah mas kadang terasa mau pingsan, plus pusing sakit kepala juga (efek karena dulu keseringan makan roti). Tapi beberapa hari lalu saya iseng coba makan roti mentega + gula yang saya beli di minimarket alhamdulillah ga terasa pusing lagi.

          • Udin

            Makasi infonya mas. Membantu banget.

          • Sama-sama mas, senang bisa membantu.

  • nana

    Alhamdulillah saya nemu artikel ini….apa yg mas utarakan sama dgn yg kualami. Saya merasa lebih lega krn jd paham apa yg sebenarnya terjadi pada diriku ini. Ini skrg saya masih tergolek lemas selama 5 hari. Nah, saya mau tanya… Seharusnya saya istirahat total apa justru saya pakai buat aktivitas? Soalnya kalau saya pakai jalan suka terasa pusing, lemas dan dada ampeg

    • Harus istirahat mbak, jangan aktivitas terlalu banyak aktivitas kalau lagi kambuh apalagi kalau untuk jalan aja udah pusing atau terasa melayang.

      • nana

        Makasih mas. Oh ya kalau lg kambuh itu mas rasanya gimana? Aku msh agak bingung dgn sakitku. Karena perutku tuh ga sakit. Tapi aku lemas, pusing, dada berdebar lbh cepat rasanya, dan timbul kecemasan. Betulkah itu krn asam lambung?

        • Sudah coba kontrol ke dokter jantung mba? Kalau belum ga ada salahnya konsultasi, nanti di dokter jantung biasanya akan di EKG dulu dan mungkin akan di usg jantung (echo) dan threadmill jika dokter merasa perlu pemeriksaan lebih lanjut.

          Jangan ditunda ya mba konsultasinya, supaya cepat ketahuan penyakitnya & bisa cepat diobati. Semoga lekas sembuh ya mba

  • Andy

    Salam kenal mas yogi. Terima kasih atas informasinya.
    Saya juga mengalami kasus yang sama. Ada 7 jenis obat yang saya konsumsi sampai sekarang dari dokter spesialis penyakit dalam. Sudah 2 minggu saya istirahat total. Sekarang kalau duduk lama,masih terasa sakit. Dan sampai sekarang badan masih terasa lemas. Dan lambung saya masih mengeluarkan bunyi/suara & sering bersendawa. Supaya badan tidak lemas apa yang mas yogi konsumsi/lakukan & supaya lambung tidak mengeluarkan bunyi lagi gimana ?

    Thanks

    • Salam kenal mas Andy.
      Yang penting pikiran harus relaks & jangan dipikirkan penyakitnya, karena semakin kita kebanyakan pikiran asam lambung akan naik.

      Proses penyembuhannya memang cukup lama karena kita terkena masalah lambung juga karena pola makan & pola hidup yang ga sehat selama bertahun-tahun. Selalu yakin aja bahwa dengan izin Tuhan kita bisa sembuh dari asam lambung.

      Jangan lupa untuk banyak istirahat dan jaga pola makan.

  • Dina Febriza

    Salam kenal Mas Yogi, terimakasih atas informasinya. Saya sudah dua bulan mengalaminya. Tp saya blm endoskopi, krn didaerah tempat saya tinggal tidak ada rumah sakit yg punya perlatan tsb. Sampai skr saya masih bolak balik ke dokter, krn bisa dikatakan hampir setiap hari saya masih merasakan gejala2 asam lambung tsb…. Mas Yogi bisa share ga, seperti apa menu yg Mas Yogi konsumsi sejak menderita asam lambung? Misalnya kapan harus makan nasi, kapan harus makan buah….. atau menu sarapan yg tepat untuk penderita asam lambung itu spt apa…. oya, yogurt aman ga ya buat asam lambung?
    Terimakasih sebelumnya.

    • Salam kenal juga mba Dina.

      Saya biasa makan pagi antara jam 6-7 pagi, kemudian sekitar jam 10 pagi saya makan lagi, makan yang ketiga sekitar jam 3 sore lalu makan malam antara jam 6-7 malam.

      Menu saya biasanya variasi dari makanan-makanan ini:

      – Nasi putih
      – Telur rebus atau kadang2 scramble eggs dengan minyak yang sedikit banget
      – Ikan pakai kuah kuning, mirip seperti ikan gulai tapi ga pakai santan & bumbu yang terlalu banyak
      – Sayur-sayuran (bayam, kangkung, caisin, wortel)
      – Semur tahu / tempe / telur
      – Tahu & tempe bacem, kadang sesekali tahu & tempe goreng
      – Abon sapi yang tidak ada bawangnya (bukan yang dijual di minimarket / supermarket)
      – Tahu yang direbus
      – Kentang
      – Buah-buahan (melon, pisang, pepaya, apel, semangka). Untuk buah-buahan biasanya dimakan 1/2 jam sebelum makan besar atau saat perut kosong.

      Yogurt sebaiknya jangan dulu mbak, coba deh beli buku karangan dokter Hiromi Shinya “Miracle of Enzymes”. Cocok banget untuk penderita asam lambung yang ingin jalanin pola makan yang sehat. Bukunya saya cek ada di Gramedia, harganya pun yang terjemahan Indonesia ga mahal.

      • Dina Febriza

        Terimakasih banyak atas sharingnya Mas Yogi, sangat membantu sekali.

        Wassalam,
        Dina

  • maryadi maryadi

    Salam kenal mas yogi, saya baru keluar rumah sakit 5hari lalu. Di diagnosa Gastritis, positif tipes, sama daya tahan tubuh saya turun. Kondisi sekarang badan lemas, BAB susah, leher atas berat dan nafsu makan kurang. Untuk mengatasi ny bagaimana mas? Saya cari info ada yang bilang boleh makan ini tapi ada juga yang bilang gak boleh jadiny saya waswas mau makan karena takut lambung saya gak cocok. Terimakasih sebelumny.

    • Salam kenal mas. Kalau dulu saya dianjurkan dokter makan bubur mas tanpa bumbu macem2 plus telur rebus selama 3 hari, lalu kalau udah agak enakan perutnya ubah ke beras merah selama beberapa hari, kalau dirasa sudah oke baru bisa makan nasi. Diusahakan setiap makan dikunyah agak lama dan harus selalu sarapan pagi.

      Selama perut masih ga enak, makannya sedikit-sedikit aja tapi sering, misalkan makannya tiap 2-3 jam sekali.

      Kalau kondisi badan masih lemah, saran saya istirahat aja dulu mas jangan terlalu banyak aktivitas.

      Udara AC sepertinya todak apa-apa, asal jangan terlalu dingin sekali.

      Semoga lekas sembuh ya mas.

      • maryadi maryadi

        Amin. Terimakasih info ny mas. Saya coba tiap malam minum kunyit.

        • Sama-sama mas, minum kunyit juga bagus kok untuk lambung.

          • maryadi maryadi

            Mas yogi, dengan kondisi saya seperti ini di haruskan istirahat berapa lama? Td pagi sy buat jalan pagi gak sampai 10menit. Beberapa jam kemudian kaki saya dingin dan rasanya gemeteran. Saya dapat 2 obat multivitamin dari dokter, karena daya tahan tubuh saya menurun. Terimakasih

          • Sampai badannya terasa fit lagi mas. Jangan dipaksakan untuk jalan keluar kalau kondisi tubuh belum fit.

            Dulu saya malah 4 bulan lebih jarang keluar rumah.

          • maryadi maryadi

            Mas Yogi, sewaktu pemulihan. Pernah mengalami perut panas, perih. Saya mengalami itu, dan baru selesai makan sekitar 20menit. Dan yang dimakan biasa aja bukan yang pantangan. Cara mengatasinya bagaimana, mas. Terimakasih

          • Kalau perut panas belum pernah alami mas, tapi kalau perut perih / sakit pernah beberapa kali, bahkan sampai beberapa hari lalu masih merasakan sesekali.

            Asam lambung ini kan terjadi karena pola makan & pola hidup yang ga benar selama bertahun-tahun, jadi proses penyembuhannya juga ga bisa instan, butuh waktu yang lama untuk menyembukannya.

            Bahkan yang sudah bertahun-tahun asam lambung pun sesekali masih kambuh kalau tidak jaga pola makan & pola hidup.

          • maryadi maryadi

            Mas Yogi, alhamdulillah kondisi saya sudah mulai baikan, kembali beraktifitas. Sekarang pola makan saya jaga benget. Yang masih saya rasakan, di leher kayak ada yang ganjel. Di bawa minum dan makan tidak masalah. Pernah merasakan seperti ini tidak mas, cara mengatasi nya bagaimana. Terimakasih

          • Alhamdulillah sudah baikan, semoga terus sehat selalu mas.
            Saya kebetulan ga pernah mengalami sensasi seperti itu di leher mas. Tapi memang saya pernah beberapa kali baca artikel yang menuliskan salah satu gejala GERD itu memang terasa ada yang mengganjal di leher & susah untuk menelan.

          • maryadi maryadi

            Assalamualaikum mas yogi, saya tertarik dengan terapi akupuntur. Sebelumnya mas yogi pernah kasih info alamat alamat peraktek. Boleh tau yang di tanah abang dimana dan ada nomor tlp ny. Untuk di jakarta utara ada rekomendasi ada dimana terapi seperti itu. Terimakasih

          • Kalau Tanah Abang ada di Jl. Kebon Pala 3 Rt07/13 No. 122 (dekat Thamrin City). Praktek tiap Selasa 2 minggu sekali sekitar jam 3 sore sampai malam.

            Kalau mau hari ini aja, dokternya baru praktek lagi tanggal 12 April karena mau umroh. Ini semacam pengobatan alternatif ya mas, tapi yang akupuntur bener-bener dokter & bayarnya seikhlasnya plus antriannya lumayan ramai.

            Kalau di daerah Jakarta Utara saya kurang tau mas, tapi sepupu saya ada yang pernah akupuntur di sinshe di daerah sekitar Gajah Mada tapi saya kurang tau juga alamatnya.

          • maryadi maryadi

            Mas Yogi, maaf mau tanya lagi. Nama dokter akupuntur nya siapa? Saya pas hari itu kondisi hujan dan pulang kerja, udah sampai di alamat yg di infoin orang sekitar tidak ada yang tau. Terimakasih

          • Waduh, mohon maaf banget jadi menyusahkan pak Maryadi aja. Info yang saya berikan sepertinya kurang lengkap.

            Nama dokternya mungkin orang sekitar ga ada yang kenal pak, karena alamat tersebut adalah rumah rekan si dokter. Nama dokternya Dr. Zoji Jazuli, pemilik rumahnya adalah Ummuh.

            Dokter & asistennya saat ini sedang umroh, pak Maryadi email ke saya aja nanti saya kasihkan nomor WhatsApp asistennya supaya bisa tanya jadwalnya. Email saya andrayogi[at]gmail[dot]com

          • maryadi maryadi

            Mas Yogi, alhamdulillah saya sdh ikut akupuntur semalam. Sebelum ke akupuntur badan saya pas lagi kurang nyaman. Seperti gejala asam lambung naik, dada sebelah kiri dan punggung ada nya nyeri. Kalau akupuntur trus berobat ke dokter penyakit dalam di perbolehkan tidak. Terimakasih

          • Alhamdulillah kesampaian juga pak hehehe.
            Boleh saja pak, dokter akupunturnya ga pernah melarang / memantang kita berobat ke dokter di klinik atau rumah sakit.

  • Hana Zahra

    Assalamualaikum mas yogi, tulisannya bermanfaat sekali. Karena tulisan lainnya malah membahas tentang produk yang tidak jelas saya awam masalah asam lambung, tapi sudah sebulan ini saya mengalami hal yg sama seperti yang ada di tulisan tersebut. Dokter memberi obat lansoprazole, braxidin, sirup acitral, dan sanfuliq. Sampai saat ini alhamdulillah saya sudah mulai enakan. Meskipun terkadang saya tiba-tiba lemas dan sesak seperti leher dicengkeram. saya mau tanya apa memang saat serangan panik ini yang tiba-tiba muncul menyebabkan badan menjadi kedinginan. Apakah mas yogi ini juga mengalami demam disebagian tubuh saja tapi ketika di cek dengan termometer suhu badan tetap normal? mohon jawabannya, karna ketika saya bilang ke dokter malag saya dianggap kena tipes padahal dalam tes darah saya tidak tipes.

    • Terima kasih, niatnya memang untuk sharing pengalaman. Karena waktu awal-awal terkena GERD saya juga susah mencari info tentang penyakit ini di internet yang sumbernya dari tenaga medis atau penderitanya langsung.

      Biasanya kalau panick attack jantung jadi berdebar lebih cepat, badan lemas dan kadang keringat dingin. Untuk demam disebagian tubuh rasanya saya tidak pernah mas.

      Sendawa saya sempat jauh berkurang, tapi akhir-akhir ini lagi sering muncul sendawa…mungkin karena sekarang saya pola makannya agak bandel sedikit hehehe. Tapi walau sekarang agak lebih sering sendawa tapi kondisi tubuh saya alhamdulillah normal-normal aja.

      • Hana Zahra

        Trimakasih mas, jadi meskipun badan sudah enakan ternyata sendawa tetap keluar ya. Saya sempat khawatir kok saya jd sendawa lg meskipun tidak sekencang pertama kali sakit. Trimakasih untuk jawabannya

        • Iya sendawa tetap sesekali keluar, mungkin karena agak terbiasa sendawa terus-terus pas lagi ga sendawa saya sering sengajain sendawa hehehe.

  • hendrik setiawan

    Hallo mas yogi,
    Saya juga sering detak jantungnya kencang,saat saya ke dokter jantung tes echo saya katanya MVP tp tidak bocor terus saya di resepin concor 2.5 Persis kaya nas yogi, pertanyaan saya obat ini diminum rutin apa saat berdebar saja?dan mas masih kosumsi obat ini kah?
    Terima kasih mas

    • Harus diminum terus mas, sampai dokternya bilang stop. Obat jenis beta blocker seperti Concor, Mitate, Hapsen dan sejenisnya ga boleh sembarangan tiba-tiba langsung stop diminum, bisa kaget jantungnya.

      Saya pernah 2 hari stop minum obatnya dan cerita ke dokter, dokternya langsung kaget & tegasin kalau obatnya ga boleh distop sembarangan. Kalau pun akan distop, dokter biasanya turunin dosisnya perlahan-lahan untuk lihat reaksinya.

      • hendrik setiawan

        Oh gitu mas,biasanya kontrol ke dokter berapa kali mas?
        2,5 bukanya paling rendah ya mas?

        • Sebaiknya kontrol lagi aja, nanti tanya lagi aja ke dokternya kalau obat habis apa bisa langsung tebus di apotek aja.

          Iya 2.5mg rendah, saya malah awalnya dikasih yang 2.5mg 1/2 tablet per hari, lalu dinaikkan jadi 1 tablet per hari. Dan so far saya cocoknya 1 tablet per hari, kalau 1/2 kadang detak jantung masih agak tinggi dikit.

          Saya biasa kontrol sebulan sekali, tapi setelah echo terakhir bulan lalu hasilnya kebocorannya tidak progress (tetap ringan / mild) jadi saya mau coba kontrolnya 2-3 bulan sekali aja.

          Intinya sih jangan naikin / turunin / stop obat jenis beta blocker tanpa konsultasi atau arahan dari dokter. Beberapa artikel dalam & luar negeri juga memang tidak memperbolehkan kita stop konsumsi beta blocker secara tiba-tiba.

          Btw, boleh tau umurnya berapa tahun?

      • hendrik setiawan

        Ohh gitu to
        Kalau diresepin 30 kalau habis berhenti apa kontrol kedokter lg?

  • Tono

    Assalamualaikum mas, untuk sakit asam lambung obat apa yang bagus mas?

    • Kalau obat saya kurang tau apa yang bagus karena saya bukan dokter. Tapi dulu saya biasa minum jamu kunyit + temulawak dan saya tambah madu 1 sendok makan, minum 1x sehari kira-kira 1/2 gelas. Tapi saya juga minumnya paling cuma sekitar 2 bulan aja.

  • Andy

    Salam mas yogi.,
    Saya mengalami hal yang sama dari awal bulan 1. Saya sudah USG & dikasi obat tapi sebulan tidak ada perubahan, saya memutuskan untuk endoskopi.2 minggu kemarin saya endoskopi di RS Mitr* Keluarg*. Dan hasilnya ada luka di lambung & peradangan.
    Dari dokter sudah dikasi obat & dibilang 2 minggu sudah sembuh. Untuk sakitnya memang sudah berkurang. Tapi sesekali masih terasa sakit di ulu hati. Dan dari awal mulai sakit sampai sekarang, badan saya masih lemas, punggung sakit dan kadang sampai pada leher. Dan badan gampang terasa dingin dan kadang muka pucat. Dari Jadi kemana mana harus pakai jaket mulu. Pola makan saya sudah teratur & sudah coba konsumsi makanan seperti yang mas yogi juga.
    Dari perkataan dokter, harusnya saya sudah bisa normal lagi untuk pola makannya karena sudah 2 minggu saya konsumsi obat setelah endoskopi tersebut. Tapi dari kondisi sekarang kayaknya belum bisa, padahal dari obat yang dikasi dokter sudah habis.
    Pertanyaannya, Apa mas yogi juga merasakan badan lemas, sakit dipunggung & kadang muka pucat ?

    Terima kasih

    • Halo juga mas,
      Dulu saya juga merasakan hal yang sama dengan mas Andy, badan sering lemas, sakit sekitar dipunggung, pusing kepala, sesekali sakit di ulu hati dan muka agak pucat (mungkin karena berat badan berkurang). Kadang kalau lagi jalan di dalam rumah aja suka keliyengan (kaya’ orang mau pingsan) dan sering muncul rasa cemas yang berlebihan.

      Proses penyembuhannya biasanya memakan waktu lama, yang penting harus benar-benar jaga pola makan, pola hidup dan selalu jaga pikiran selalu berpikir positif.

      • Andy

        Salam Mas Yogi. Terhitung 3 bulan mengalami penyakit ini. Awal Bulan 3 sempat kambuh, karena mencoba obat herbal, kambuh lagi dan akhirnya ke dokter lagi. Disuruh minum obat lansoprazol 2x sehari sama rebamipide 100mg 3x sehari sebelum makan sampai akhir bulan ini.
        Untuk sekarang sakitnya tidak separah pas baru kena penyakit ini. Tapi kalau sore hari, mungkin karena kecapaian kerja, suka perut terasa ga nyaman. Tapi kalau sudah bersendawa, ga nyaman nya mulai berkurang.
        Dan 2 minggu belakangan ini tenggorokan ga nyaman, terasa agak panas gitu. Tapi bukan pengaruh batuk. Dan punggung juga masih sakit.
        Yang saya mau tanya, apa mas yogi juga pernah mengalami sama kayak saya (tenggorokan ga nyaman sama masih sakit di punggung) padahal sakit di lambungnya sudah mulai berkurang.

        Thanks

        • Salam kenal juga, maaf baru sempat balas mas.

          Iya saya dulu juga mengalami sakit di punggung & tengkuk leher, kalau tenggorokan ga nyaman saya belum pernah alami.

          Bisa sembuh mas, asal benar-benar ubah pola makan & pola hidup dan sering berdoa sama Tuhan untuk kesembuhan. Tetapi memang butuh waktu yang agak lama dan harus banyak bersabar & ga boleh terlalu memikirkan penyakitnya.

      • Andy

        Salam Mas Yogi. Terhitung 3 bulan mengalami penyakit ini. Awal Bulan 3 sempat kambuh, karena mencoba obat herbal, kambuh lagi dan akhirnya ke dokter lagi. Disuruh minum obat lansoprazol 2x sehari sama rebamipide 100mg 3x sehari sebelum makan sampai akhir bulan ini.
        Untuk sekarang sakitnya tidak separah pas baru kena penyakit ini. Tapi kalau sore hari, mungkin karena kecapaian kerja, suka perut terasa ga nyaman. Tapi kalau sudah bersendawa, ga nyaman nya mulai berkurang.
        Dan 2 minggu belakangan ini tenggorokan ga nyaman, terasa agak panas gitu. Tapi bukan pengaruh batuk. Dan punggung juga masih sakit.
        Yang saya mau tanya, apa mas yogi juga pernah mengalami sama kayak saya (tenggorokan ga nyaman sama masih sakit di punggung) padahal sakit di lambungnya sudah mulai berkurang.

        Thanks

  • Hana Zahra

    Assalamualaikum mas yogi, sudah 2 minggu an lalu saya tidak ada keluhan dan semuanya aman saja. Tp tiba2 kambuh lagi kemarin, akhirnya pola makan saya modifikasi lg. yg sy mau tanyakan kita yg sakit gerd diharuskan untuk diet asam lambung, apa mengganti nasi untuk sarapan dengan oatmeal diperbolehkan?

    • Boleh aja makan oatmeal, tp biasanya saudara saya yang asam lambung juga dia makan oatmeal hanya pagi hari aja. Saya cuma sekali cobain oatmeal, baru 5 menit selesai makan perut langsung mual-mual, mungkin butuh waktu untuk adaptasi.

      • Hana Zahra

        Maaf mas nanyak lagi, apa mas dlu juga didiagnosis asam lambung kronis sehingga dianjurkan untuk endoskopi? Karna saya sakit ini baru jalan 2 bulan mas, karna sabtu lalu kambuh dan akhirnya priksa ke dokter penyakit dalam saya di diagnosa asam lambung kronis. jdinya saya dirujuk untuk endoskopi, di rujukan saya di tulis GERD. Apa GERD itu memang asam lambung kronis atau kondisi saya aja yg begitu 😔

        • Saya dulu disuruh endoskopi karena detak jantung saya cepat sekali 110/menit dan sakit di ulu hati.

          Biasanya di endoskopi untuk mengetahui apakah ada luka atau tidak di lambung, juga berguna untuk mengecek apakah ada bakteri helicobacter pylori. Karena bakteri ini baru bisa ketauan via diendoskopi.

          GERD ini istilah dalam bahasa inggris yang kalau diartikan dalam bahasa indonesia kurang lebih penyakit reflux asam lambung.

        • sondi ikhwan

          Mf mba zahra.. mau nanya nih, udh diendoskopi kah.? Rasanya seperti apa di endoskopi dan ada efek sampik kahn.? Terus kabar dari asamlambungnya gimana.? Mudah2han udh sembuh. Aamiin.. maaf bnyk tanya.

          • Hana Zahra

            Maaf mas baru buka notif ini, saya endoskopi setelah 3 bulan bingung tentang sakit saya setelah mencari second opinion ke dr penyakit dalam. Rasanya diendoskopi biasa aja mas, cuman terasa kaku setelah menelan cairan seperti teh. Saya sudah 1 tahun 2 bulan sakit ini, polanya 3 bulan baikan dan beberapa minggu sakit lg karna kambuh. Saya akui karna pola makan yg tidak beraturan dan pola pikir ditambah insomnia yang membuat sering kambuh. Maaf terlambat membalas dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

  • iroel fajri

    Salam mas yogi. Sakit mas sma kya sya. Selalu debar hmpir tiap hari debar cepat. Udh mkir yg macem2 jg. Ulu hati sakit. Sebdawa trus. Kmrin sya kmbuh lg krna cemas pgng dada cpet bgt detaknya. Jd harus gmn nh mas. Sya sih udh cek ekg ktya normal. 2 rmh skt sya cek ekg. Apa detak cepat. Jg krna ada kbcoran ringan?

    • Coba dicek ke dokter jantung aja mas, sekalian minta dicek echo jantungnya. Semoga tidak ada masalah apa2.

  • Luqman Baraja

    Assalamualaikum mas, kalau sakit asam lambung apa boleh makan telor ?

    • Wa’alaikum salam mas Luqman. Boleh kok, dulu saya malah sehari2 makannya telor rebus.

  • tiyo garsia

    Assalamualaikum mas saya alami itu kliyengan yang g hilang hilang keseimbangan tergagangu apa mas juga gitu dulu dan gimana obatnya

    • Wa’alaikum salam. Dulu saya juga seperti itu, tapi untuk kasus saya rasanya muncul dari kelainan jantung saya, minum obat jenis beta blocker alhamdulillah jadi jarang sekali kliyengan.

  • sondi ikhwan

    Assalamualaikum, saya juga kena gerd. Setiap Obat habis kambuh lagi.. gimana ya biar ga kambuh.. alternatif lain udh ada yg coba apa blm.? Rekomend donk yg udh sembuh..

    • Harus benar2 ubah pola makan & pola hidup dan itu pun butuh proses lama untuk sembuhnya. Tidak bisa instan.

  • Kalau saya mengatasi penyakit lambung dengan terapi pijat refleksi. ditambah mengonsumsi ramuan tradisional. Sangat ampuh menyembuhkan.

  • Bro Bro

    mas cuma kasih info akupuntur gak berguna, ayah saya juga bocor katup mitral, karna takut operasi jadi coba akupuntur 6 bulan, gak ada perbaikan dan tambah parah sampe tidur harus dalam keadaan duduk. akhirnya dioperasi juga, sakarang sehat biarpun tetap minum obat.

    • Buat saya pribadi sejauh ini terasa manfaatnya, kalau untuk benar2 sembuh ya ga bisa pakai akupuntur, harus operasi. Alhamdulillah kondisi ayahandanya sudah pulih mas.

  • fahry muhammad

    Assalamualaikum mas Anda Yogi, saya di diagnosa terkena gerd, sejak kurang lebih 3 bulan lalu tepatnya saya sesak nafas dan terkena serangan panik
    Tapi sekarang saya sudah jauh membaik, hanya saja berat badan saya turun drastis sampai 8kg
    Untuk pola makan yang sesuai gimana sebaik nya ya mas? soalnya saya makan dikit tapi 3-5 kali sehari

    Untuk obat saya masih konsumsi Omeprazole 1x setiap pagi, kalo dari mas sendiri konsumsi omeprazole/lansoprazole berapa lama untuk terapi?

    Sama kalo kita mau tidur siang mas, apa perlu ada jeda sampai 2 jam setelah makan? Soalnya sekarang saya ga berani tidur siang, apalagi waktu makan lebih sering

    Dan untuk olahraga, sebaik nya olahraga apa mas yang cocok?

    Terimakasih banyak mas Andra

    • Wa’alaikum salam.

      Dulu saya pakai lanzoprazole merk Laz mas, kurang lebih 2 bulanan saya minum obatnya. Karena menurut saya ga terlalu pengaruh akhirnya saya stop saja minum obatnya. Sudah > 8 bulan saya ga minum obat itu lagi.

      Dulu saya sehari makan bisa 5-6x sehari, tiap 2-3 jam makan dengan porsi kecil. Jeda antara makan dengan tidur sebaiknya minimal 2 jam, malah sebenarnya sebaiknya 3-4 jam baru tidur. Kalau udah terasa ngantuk banget padahal blum 2 jam, biasanya saya tidur dengan posisi setengah duduk.

      Olahraga waktu awal-awal saya hanya jalan pagi aja mas, sekarang sudah bisa jalan pagi dipadu dengan lari-lari kecil.

  • Willy Kurniawan

    Mas yogi sy mau minta pencerahan,sy 3 bln ini terkena penyakit trsbt oleh dr tht,gejala stlh makan sering terasa asam dimulut,sering sendawa,sering buang gas,sering kedinginan,kadang nafas terasa sesak,dileher terasa kencang tiap hari(sedikit menyiksa saya) dan berat badan turun 14 kg selama kurleb 2,5bulan dari 104 skrng menjadi 90an…apakah mas yogi merasakan itu semua?dan saya sering berpikir yg tidak2 mas,klo penyakit sy ini bukan gerd melainkan penyakit berbahaya lainya,tp karna keterbatasan ekonomi sy blm bisa endoskopi atau cek darah mas…

    • Coba pakai BPJS aja mas. Denyut nadinya saat sedang istirahat berapa mas per menit?

  • Luqman Baraja

    Assalamualaikum mas. Saya kena asam lambung Sejak Januari 2016.
    sy endoskopi 2 kali, bulan 4 dan bulan 7.Yg bulan 4 gak ada luka di lambung. Yg bulan 7 kemarin hasilnya small gastric ulcer (ada luka di lambung) juga biopsi cek bakteri Helicobacter Pylori hasilnya gak ada bakteri h.pilori. Sejak sy kena asam lambung bln Januari sy sdh menjaga pantangan makanan, makan nasi lemes dan makan nasi tanpa kuah hanya pake kecap dan rutin minum obat maag omeprazole/lanzoprazole, inpepsa, kapsul racikan dari dokter, madu, rutin konsumsi buah dan sayur. Tapi anehnya di lambung sy sakitnya bertambah, endoskopi pertama gak ada luka, endoskopi kedua ada luka. Sy browsing di internet tentang penyebab terbesar small gatric ulcer adalah bakteri h.pilori. Kemungkinan krn h.pilori tapi hasil biopsinya gak ada. Sy menduga kurang teliti dalam pemeriksaan. Menurut mas yogi apa perlu saya ke dokter penyakit dalam yg lain? Mas Yogi waktu terapi bakteri Helicobacter Pylori nama obat antibiotik dan nama obat yang lainnya apa?Maaf byk tanya. Terima kasih

    • Wa’alaikum salam. Waktu itu saya terapi minum 2 buah obat antibiotik untuk bakteri h. pylori yang masing2 500mg dan diminum 2x sehari selama 10 hari. Mohon maaf sekali saya lupa nama obatnya mas.

  • yayuk yuk

    mas yogi saya tahun ini juga penyakit ini mas awal maret tahun ini gara” saya habis kerja kyanya hari itu makan cuman 1x pulang kerja ke rumah temen minum kopi lalu pulang ngemil dikit langsung main ke cafe minum kopi lagi sambil cemil sayap ayam pedes kayanya habis itu sekujur badan dingin semua jantung debar,mutah di depan parkiran. saya udah ke dokter penyakit dalem ya katane emang asam lambung udah ekg,tes darah T3,T4,kelejar teroid jg trs bahkan Torax jg paru” saya normal kelenjar teroid normal,cmn ya gt mas sanpek sekarang ya kalo saya pikiran lagi sepaneng perut langsung panas ,badan langsung lemes kaki dingin ,ini aja punggung masih pegel” saya masih minum lanzoprasol sama impepza .yg saya mau tanya mas yogi sekarang keadaanya gmn ya mas terus sekarang obat yg masih di minum apa ya mas? sekarang berat badan mas yogi udah naek blm ,soalnya saya masih kombah kambuh trs dr awal maret smpek sekarang dulu 84kg an sekarang 70kg tinggi badan 183an maaf banyak tanya mas yogi

  • belitung murah

    Iya saya 30th. Juga sedang mengalami hal yg sm. Gejala yg mirip banget. Di bonus dokter umum cuma maag & asam lambung. Dikasih obat antasid n omeprazole. Uda kunjungan bbrp x mmg gada perubahan / tanda” sembuh.
    Jd lagi ikhtiar herbal / ramuan tradisional. Kabarin ya… Bagi yg pengalaman sembuh dg herbal / obat tradisional.
    Bisa juga respon ke email saya : simpangpering@gmail.com / 08121915250

    Lagi gak enak banget sm dampak nya… Gelisah galau merana…
    Keringat dingin & bawaan pgn muntah trs.

  • Fajar Rizam

    saya udah 1 bulan merasakan sensasi lemas…tak bergairah…perut terasa gak nyaman… pikiran penuh tak tentu arah.. dada berdebar.. keliyengan.. 3 kali keluar masuk rmh sakit.. opname terakhir masuk tgl 1 okt 2016.. kluar tgl 6 okt.. jantung dan yg lain kata dokter aman…. saya udah coba pengobatan hipnoterapi..ruqyah..bekam… tp sampai detik ini blm ada perubahan.. yg ada berkurang hanyalah rasa panik berlebihan.
    pikiran berkecamuk..rasa lelah dan malas dan sensasi di lambung serta didada serta tenggorokan masih tetap saya rasakan…

    mohon petunjuk dari bapak2 dan ibu2 smua

    • Detak jantungnya saat berdebar pernah dihitung berapa detaknya per menit?
      Untuk masalah lambung memang butuh proses waktu yang lama untuk sembuh, tapi asal menjalani pola hidup & makan yang sehat insya Allah bisa berangsur sembuh.

      • Fajar Rizam

        makasih atas jawabannya mas yogi… mdh2n mas yogi dan para kawan2 lain sependeritaan dan khususnya saya diberi Allah swt kesembuhan dan kesehatan yg sempurna… Aamiin…

        • Amiin, makasih doanya mas. Semoga kita semua selalu sehat selalu…amin.

  • Andre Putra Ramadhan

    Mas, saya juga sama. Saya sudah bisa berjalan sana sini dikit2. Tapi sering kambuh habis makan, atau telat makan sedikit. Cuma mual aja si, saya ga konsumsi obat, karena memperparah keaadaan. Saya cuma pake Kangen Water, Kelapa iJo, Klorofil, sama Jahe + Gula merah untuk mual nya. Saya mau tanya. Selama mas sakit apakah mas tetap pergi ke Kantor? saya sudah 1 bulan dirumah tidak kemana2. apakah aman jika kita bekerja ke kantor?

    • Saya waktu itu tidak ada mual mas. Kebetulan saya punya usaha sendiri dan kantornya juga waktu itu hanya berjarak 200 meter, kadang saya bisa ke kantor kadang tidak. Kalaupun ke kantor hanya 1/2 hari saja atau kadang saya datangnya menjelang sore, selebihnya saya kerja dari rumah.

  • Andre Putra Ramadhan

    Hai Mas Yogi, kira-kira Sembuh totalnya berapa lama? Karena saya butuh pergi ke kantor. Bingung saya. Setiap habis makan kambuh. Apakah tes H.Pylori bisa tanpa endoskopi?

    • Tiap orang rasanya beda-beda, dulu saya hampir 6 bulan practically ga banyak aktivitas, karena saya ada kelainan jantung juga yang menyebabkan detak jantung saya di atas batas normal. Tapi setelah rutin minum obat penurun detak jantung & akupuntur saya bisa melakukan berbagai aktivitas (walaupun ga bisa 100% seperti dulu lagi).

      Seingat saya untuk H.Pylori hanya bisa ketahuan via endoskopi, CMIIW.

  • Dimas Eko Kuntoherdadi

    Assalamualaikum mas, semoga sehat selalu. Saya anak baru nih mas hehe baru 2 minggu perawatan jalan karena vonis GERD. Mas mau tanya, emang wajar ya di awal2 gini masih sering panik dan sugesti ke penyakit2 lain gitu? Karena saya sempet bolak balik igd karena panik dan berharap di cek ekg, tp dokter selalu bilang normal (Alhamdulillah). Tapi setelah sampai rumah masih terus kepikiran aja mas hehe, mohon direspon ya mas, terima kasih. Wassalamualaikum

    • Wa’alaikum salam.

      Jangan terlalu banyak baca artikel2 tentang GERD atau penyakit lainnya di internet mas, kadang kita ngebacanya jadi bikin takut sendiri & malah makin was-was. Dibawa enjoy aja dan perbanyak ibadah, insya Allah bisa sembuh & pulih kembali asal jaga terus pola hidup & pola makan.

      • Dimas Eko Kuntoherdadi

        Wah iya bener mas, selama ini saya bingung sakit apa dan searching2 sampe banyak banget saking paniknya. Sekarang saya masih di opname udah hari ke 3 lebih baik dituntaskan dulu pengobatan dari rumah sakit terus setelah itu cuma ngubah pola hidup aja gitu mas? Trims mas

  • ican tarsona

    mekasih mas cerita pengalaman dan tipsnya boleh saya share mas

    • Silahkan mas, asal ada link ke website ini.

  • David Fikri

    mas yogi maaf anak baru mau tanya…ms.yogi sakit asam lambung dulu brp lama

  • Zakaria Rajali

    mas yogi. mengenai pantangan roti yang anda sebutkan pada artikel anda, apakah termasuk roti gandum? terima kasih, salam kenal.